Tentang Kami

Lebih Dekat dan Mendunia

Media online TenggaraNews.com  lahir di sebuah kota kecil, namanya Kota Kendari, Ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara, Negara Republik Indonesia. Kami bangga berada di kota ini. Kami berada di tengah-tengah 4  etnis yang mendiami Provinsi Sulawesi Tenggara, yakni etnis Tolaki Mekongga, Buton, Muna dan Moronene.

Kami berada di negeri yang kekayaan alamnya melimpah, memiliki budaya dan adat istiadat yang menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban kemanusiaan. Kami memiliki semangat persaudaraan dan semangat persatuan tanpa membedakan suku, agama dan golongan. Kami adalah INDONESIA.

Secara de jure media online TenggaraNews.com lahir pada bulan September 2018. Namun secara de facto TenggaraNews.com resmi berbentuk perseroan terbatas dengan nama  badan usaha PT. TENGGARA MEDIA PERKASA, pada hari Jumat tanggal 18 Januari 2019 dengan nomor akta notaris 337 dan disahkan KemenkumHAM RI Nomor AHU – 0004386.AH.01.01. Tahun 2019.

Dengan tagline LEBIH DEKAT DAN MENDUNIA, TenggaraNews.com memposisikan diri menyajikan berita dalam sudut pandang yang akurat, obyektif, independen, sesuai fakta dan kebenaran demi kepentingan publik, terutama dibidang ekonomi, politik, dan sosial budaya serta serta menjadi bagian dari pertahanan negara dalam arus informasi.

Kami memiliki semangat nasionalisme untuk mendorong percepatan laju pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kami paham bahwa semangat Otonomi Daerah yang dimiliki 15 Pemerintahan kabupaten dan 2 Pemerintahan kota di Provinsi Sulawesi Tenggara perlu mendapat dukungan dari media maenstream, untuk mempromosikan seluruh potensi kekayaan alam yang dimiliki setiap daerah.

Kami paham bahwa media online TenggaraNews.com mampu menjawab keinginan dan  kebutuhan pemerintah serta seluruh lapisan masyarakat bumi anoa, terutama dalam penyajian berita-berita, foto maupun video yang up date, cepat  tapi akurat, mengedepankan kerja profesional, kredibel,  dan terverifikasi kebenarannya.

Kami senantiasa menyajikan berita yang tidak mengandung SARA, hoaks (kebohongan), tidak provokatif, dan  senantiasa menjaga wilayah privasi seseorang kecuali terkait pejabat publik yang secara jelas melanggar norma-norma kesusilaan dan hukum yang berlaku.

Kami juga sadar bahwa kebutuhan publik terhadap berita atau informasi lain yang diinginkan belum mampu kami jawab semua, sesuai selera pembaca TenggaraNews.com. Tetapi paling tidak, kami  sudah mampu menyajikan berita politik, hukum, pendidikan, ekonomi, daerah, olahraga, perempuan dan anak, nasional dan sebagainya.

Metodologi Verifikasi

TenggaraNews.com dengan tagline Lebih Dekat dan Mendunia, tentu ini bukanlah tugas yang mudah diemban bagi seluruh management perusahaan PT. Tenggara Media Perkasa, khususnya di bagian redaksi. Management dan kebijakan redaksi TenggaraNews.com menjadi lebih berhati-hati dalam menyampaikan berita ke publik.

Apalagi situasi dan kondisi di era digital, kehadiran jurnalis warga melalui media sosial atau medsos menjadi kompetitor bagi perusahaan media online maenstream.

Kehadiran medsos sebagai sarana informasi publik, terus berpacu dalam kecepatan menyampaikan informasi peristiwa yang terjadi di sekililing warga.

TenggaraNews.com tak mau terjebak dalam hal itu, sebab ini diatur dalam Undang-undang No 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan Kode Etik Wartawan Indonesia. Dimana berita harus terverifikasi mengenai obyektifitas, fakta peristiwa, waktu dan tempat peristiwa, kredibiltas dan kapasitas narasumber, kebenaran informasi, kesesuaian data dengan informasi, dokumentasi foto atau video harus sesuai dengan peristwa serta informasi resmi terhadap pihak-hak  yang berwenang memberikan penjelasan. Kemudian akan selalu melakukan cek and rechek sebelum berita tayang dan memperhatikan agar berita tetap cover both side.

Diluar verifikasi berita, TenggaraNews.com juga tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah, tidak menghakimi dan tidak memvonis seseorang atau pihak-pihak yang diberitakan. Kami juga tetap memperhatikan hak-hak atas pemberitaan anak di bawah umur, hak privasi sesorang, hak privasi keagamaan,  hak sosial dan hak kepentingan publik. Selain itu kami juga tetap menjaga pemberitaan yang dapat menimbulkan dampak atau efek timbulnya kekisruhan, kerusuhan atau peperangan. Tentu kita semua sepakat bahwa HIDUP RUKUN DAN DAMAI ITU INDAH.

Dibalik kekuatan verifikas informasi lalu menjadi sebuah berita, bisa saja terjadi kekeliruan dalam menjalankan tugas-tugas kewartawanan yang profesional. Sehingga management rerdaksi TenggaraNews.com tetap memberikan ruang bagi pihak-pihak yang merasa dirugikan atas pemberitaan yang dilansir, dengan cara hak klarifikasi berita atau hak koreksi berita.

Namun secara tegas, management REDAKSI TenggaraNews.com menolak intimidasi atau bentuk-bentuk kekerasan lain yang bersifat mengancam, memprovokasi dan bertindak brutal atas pemberitaan. Kami juga menolak terhadap narasumber yang meminta diturunkan berita setelah tayang dengan alasan-alasan diluar  nilai-nilai sosial kemanusiaan.

Bisnis

Sebagai perusahan media online yang baru tumbuh dan berkembang di Kota Kendari, tentu mempunyai semangat yang kuat dalam berkompetisi dengan media online lainnya. Kami sadar dan mafhum, dalam menggawangi management perusahaan PT. Tenggara Media Perkasa tentu harus bersiap-siap bersaing ketat dari berbagai sisi keahlian dan profesionalitas.

Tentu pembaca TenggaraNews.com bertanya-tanya dari mana sumber dana perusahaan, sehingga mampu membiaya operasional perusahaan, gaji karyawan dan gaji wartawan. Sementara media online hanya mengandalkan penyajian berita kepada publik, dimana berita-berita tersebut tidak dikenakan biaya alias free.

Secara umum media online memiliki dua bagian usaha yang tidak terpisahkan, yakni 1. Management Redaksi

Managament redaksi TenggaraNews.com mengatur dan mengelola managament pemberitaan dengan membawahi seluruh wartawan yang bertugas di berbagai desk liputan di setiap daerah.

Managament redaksi terdiri dari :

  1. Pemimpin Redaksi/Penanggungjawab
  2. Editor Berita
  3. Korlip Liputan
  4. Wartawan

2. Managament Perusahaan

Managament perusahaan yang bertugas memasarkan produk layanan dan membuat kerjasama dengan perusahaan BUMN, perusahaan BUMD,  perusahaan swasta, pelaku bisnis dan instansi pemerintah.

Produk layanan bisnis yang dijual ke publik, meliputi : layanan iklan produk, layanan iklan jasa, layanan iklan promosi, layanan iklan konten berita berbayar, layanan pariwara, layanan jasa event promo, layanan jasa event out bond in door and out door dengan bekerjasama dengan sebuah resort terkemuka di Kendari, layanan jasa event training dan motivasi peningkatan kapasitas SDM, layanan jasa pembuatan film dokumenter dan layanan jasa event. ekonomi kreatif dan pariwisata.

Managament perusahaan terdiri dari :

1. Komisari Perusahaan

2. Direktur Utama

3. Direktur

4. Manager Umum dan Personalia

5. Manager Keuangan, Marketing Advertising dan Event

6. Marketing advertising/iklan dan event

Trending News